Kecanggihan Mesin Robot Pembantu

01 Kecanggihan Mesin Robot Pembantu KehidupanKecanggihan Mesin Robot Pembantu Kehidupan, Teknologi masa kini memang sudah semakin canggih. Para ilmuwan bahkan banyak menciptakan Mesin Robot yg dapat menggantikan tugas manusia.

Tentu ini menjadi kabar gembira sekaligus sedih, karena dengan adanya bantuan Mesin Robot, tugas manusia dapat sedikit berkurang. Dengan bantuan dari Mesin Robot khusus, tenaga yang di butuhkan untuk perkerjaan oleh manusia juga ikut berkurang.

Di beberapa negara, tenaga kerja manusia sudah tidak lagi di pakai untuk industri tertentu. Mereka memakai Mesin Robot untuk melakukan tugas-tugas yg biasanya dikerjakan oleh manusia. Baca juga: Memilih otak untuk robot

Kecanggihan Mesin Robot Pembantu Kehidupan

Seperti yang di bahas oleh beberapa sumber, berikut adalah beberapa Mesin Robot yang di gunakan sebagai pembantu pekerjaan manusia sehari-hari.

RIBA

RIBA atau Mesin Robot for Interactive Body Assistance dapat menjadi Mesin Robot seperti seorang perawat. Kecanggihan Mesin Robot pembantu kehidupan ini di kembangkan oleh RIKEN yang di desain untuk proses pemindahan pasiejn di rumah sakit.

Akan tetapi untuk saat ini, Mesin Robot tersebut hanya mampu mengangkat pasien yang beratnya tidak lebih dari 61kg.

Tidak hanya menggendong pasien, robot tersebut juga memiliki perangkat sensor yang di gunakan untuk mengenali suara staff rumah sakit. Dan Mesin Robot ini juga dapat mendeteksi wajah yang terdaftar di rumah sakit.

ApriPoco

Mesin Robot ApriPoco ternyata dapat mengendalikan segala jenis remote, seperti remote AC, TV, dan sebagainya.

Selain itu, Mesin Robot ini juga dapat berbicara dan mengenali perintah suara (voice command operated). Mesin Robot canggih tersebut merupakan buatan dari perusahaan Toyota.

Mesin Robot ApriPoco diprogram dengan fungsi sebagai pengendali remote control universal. ApriPoco juga dapat mendeteksi semua jenis remote melalui koneksi inframerah (InfraRed). Jika tugasnya sudah selesai, Mesin Robot ini akan bertanya pada kamu apa yg harus dia lakukan selanjutnya.

Mesin Robot Pencuci Rambut

Di Jepang, ada Mesin Robot khusus untuk mencuci rambut di salon bagi para manula dan disabilitas. Mesin Robot buatan Panasonic ini memiliki 24 jari. Tangan mesin robot tersebut di buat mirip dengan fungsi tangan manusia yang mampu memberikan sampo, membilas rambut, dan memijat kepala dalam waktu cepat.

Awalnya Mesin Robot ini di buat untuk membantu kegiatan di panti jompo, memudahkan para manula untuk mencuci rambut. Di Jepang, Mesin Robot ini mulai di pakai pada salah satu salon pangkas rambut.

Buddy Mesin Robot

Selain lucu, Mesin Robot Buddy juga dapat menjadi asisten pribadi. Dia dapat membantu mengawasi keadaan rumah saat ditinggal pemiliknya.

Tak cuma itu, Buddy juga dapat membangunkan pemiliknya saat pagi hari, bermain, bahkan mengingatkan tentang hal yg penting seperti meminum obat.

Mesin Robot Buddy seukuran dengan kucing. Dia adalah Mesin Robot pendamping dan pembantu rumah. Mesin robot Buddy ini di budat oleh Blue Frog Robotics yang ada di Paris.

Pengembangan Mesin Robot Canggih

Sejak beberapa puluh tahun terakhir ini, mesin robot berperan dalam meringankan pekerjaan berat dan berbahaya yang dahulunya masih di lakukan oelh manusia. Hampir tidak ada cabang industri teknologi tinggi yg tidak dibantu Mesin Robot. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai bentuk Mesin Robot di buat untuk membantu atau memudahkan aktivitas manusia. Tapi Mesin Robot-Mesin Robot yg dimaksud jangan dibaygkan bentuknya seperti Mesin Robot dalam film. Banyak Mesin Robot industrial yg bentuknya hanya seperti lengan mekanis. Atau Mesin Robot rumah tangga untuk membersihkan lantai, yg bentuknya hanya seperti cakram.

Mesin Robot Menggusur Tenaga Kerja Manusia?

Semakin canggih sebuah robot yang di gunakan dalam sebuah industri, semakin berkurang juga kecelakaan yang di sebabkan oleh kelalaian manusia. Contohnya seperti Robot yang di gunakan untuk mengelas mobil industri, robot yang di desain untuk mendeteksi dan mengamankan ranjau darat, robot yang di gunakan sebagai penambang, pengebor minyak otomatis, dan robot yang mampu menahan bahaya bahan kimia yang beracun bagi manusia. Para ilmuan dalam bidang robotik ini membuat dan mendesain robot untuk mengurangi kecelakaan pada manusia pada pekerjaan yang berbahaya.

Kedengarannya ironis. Di satu sisi pemakaian Mesin Robot akan mendesak lapangan kerja bagi manusia. Di sisi lainnya, ternyata pemanfaatan Mesin Robot memang membuat pekerjaan menjadi lebih manusiawi. Misalnya saja di pabrik mobil. Beberapa puluh tahun belakangan ini, robot di manfaatkan untuk melakukan las mobil yang menggantikan pekerjaan manual oleh manusia.

Seperti yang di sebutkan oleh Grosser (Kepala Humas Institute Fraunhofer) pekerjaan seperti mengelas mobil tersebut merupakan pekerjaan tidak manusiawi jika di kerjakan secara manual. Dimana pekerjaan tersebut melakukan pekerjaan secara berulang-ulang dan monoton. Begitu setiap hari, selama bertahun-tahun.

Mesin Robot yg dapat Bekerja Sama dengan Manusia

Tentu saja sesuai perkembangan teknologi, semakin banyak Mesin Robot yg cerdas dikembangkan. Dan kecerdasan buatan ini menjadi hal penting.

Misalnya saja, Insitut Fraunhofer untuk teknik produksi dan otomatisasi-IPA di Stuttgart, antara lain mengembangkan Mesin Robot cerdas yg dapat mengenali keberadaan manusia di dekatnya. Hingga saat ini mesin robot di manfaatkan oleh pabrik untuk melakukan pekerjaan otomatis dengan pengawasan minim dari manusia.  Manusia yg mendekat, terancam bahaya maut, karena Mesin Robot-Mesin Robot berkekuatan besar semacam itu, tidak diprogram untuk mengenalinya.

Meniru Proses Alam

Semakin maju teknolog, semakin canggih dan cerdas juga robot yang di desain. Selain itu, penggunaan robot juga di manfaatkan dalam sektor jasa dan kehidupan sehari-hari.  Institut Fraunhofer untuk teknik produksi dan otomatisasi-IPA di Stuttgart terus melakukan penelitian untuk meningkatkan kehandalan Mesin Robot-Mesin Robot tersebut. Dengan perkembangan pesat di bidang teknologi informatik dan sensorik, efisiensi Mesin Robot meningkat dan harganya dapat ditekan.

yg tidak boleh dilupakan, Mesin Robot dibuat sebagai perkakas untuk membantu pekerjaan manusia. Artinya, banyak pendekatan dalam penelitian Mesin Robotik, merupakan penggabungan dari fungsi biologi dan teknik yg disebut cabang teknologi bionik. Seberapa besar peranan bionik ini, diungkapkan oleh Grosser.

Secur-O-Bot

Sebagai contoh konkret, Institut Fraunhofer IPA terus mengembangkan Mesin Robot pengaman yg disebut Secur-O-Bot. Lingkungan kerja dari Secur-O-Bot ini juga dapat di atur sesuai keinginan. Perangkatnya berupa Mesin Robot yg dapat bergerak untuk melakukan patroli secara otomatis, mengenali bahaya, melakukan identifikasi personal, melontarkan tanda bahaya secara otomatis serta mendokumentasikan hasil pengukuran tertentu. Mesin Robot ini dapat dimanfaatkan untuk bermacam tujuan, dengan memasang perangkat yg disesuaikan dengan fungsinya.

Pembantu Penderita Cacat

Mesin Robot lain yg dikembangkan misalnya Mesin Robot cerdas untuk membantu orang cacat. Mesin Robot semacam ini dilengkapi perangkat interaktiv yg memungkinkan komunikasi antara Mesin Robot dengan pemakainya. Prototipe yg dikembangkan, yg disebut Care-O-Bot, mampu mengenali, apakah pemakainya dalam kondisi normal atau perlu bantuan.

Misalnya saja jika pemakainya tiba-tiba tidak sadarkan diri. Mesin yang canggih juga mampu memeriksa keadaan sang pemilik, dan mencoba memanggil beberapa kali, jika reaksinya tidak sesuai syarat, maka robot tersebut akan menghubungi nomor darurat sesuai di negaranya.

Transisi Kerja

Proyek pengembangan Mesin Robotik, pada gilirannya juga akan menciptakan lapangan kerja baru. Menurut Hubert Grosser, Mesin Robot-Mesin Robot cerdas mendorong transisi kerja, dari padat karya menjadi padat teknologi. Alih profesi menjadi hal yg tidak terelakan.

Misalnya dari tenaga montir yg bertahun-tahun hanya mengencangkan sekrup, menjadi tenaga ahli perawatan Mesin Robot atau pakar pemrogram otak Mesin Robot. Artinya, terus diperlukan Mesin Robot-Mesin Robot cerdas untuk mempertahankan pekerjaan teknologi tinggi yg akan tetap mampu bersaing di pasar.